Tips Agar Dapat Menikmati Sajian-Sajian Lebaran dan Sesudahnya Dengan Lebih Sehat

Lebaran biasanya dikaitkan dengan suasana yang meriah dan diwarnai dengan silaturahmi ke sanak saudara dan kenalan.
Tentunya aneka sajian lebaran yang terhidang di meja membuat sulit untuk menahan diri.
Sajian lebaran yang umum dijumpai kerap mengandung banyak lemak, baik santan maupun berbagai daging dan jeroan dan seringkali juga tinggi garam. Sementara untuk camilan atau hidangan penutup, berbagai sajian tinggi gula disiapkan.


Beberapa tips agar dapat menikmati sajian lebaran dengan lebih sehat.

  • Hindari bertamu dalam keadaan sangat lapar.
    Keadaan sangat lapar membuat orang cenderung memilih makanan yang tinggi lemak, tinggi garam, dan tinggi gula.
  • Berjalanlah bila jarak memungkinkan.
    Bila terlalu jauh untuk berjalan, setidaknya parkir kendaraan agak jauh.
  • Usahakan untuk menjauh dari meja makan, misalnya mengobrol di teras. Apabila makan, segera bangun selesai makan dan menjauh dari meja makan.
  • Minum segelas air putih sebelum makan.
  • Makanlah makanan yang sehat lebih dulu misalnya sayur atau buah sebelum makan makanan yang tidak sehat.
  • Pilih buah, sayur, dan jenis makanan atau minuman yang mengandung probiotik.
  • Tetap aktif selama bertamu, misalnya dengan membantu tuan rumah membereskan ruangan, mencuci peralatan makan, atau menemani anak- anak bermain.
  • Jika ingin menambah porsi, tundalah sejenak.
    Seringkali dengan penundaan, penambahan porsi tidak jadi dilakukan.
  • Kenali berbagai makanan yang tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi garam. Kendalikan porsi makanan yang tidak sehat tersebut.
  • Tetap menjalankan gaya hidup sehat dengan pengaturan pola makan, aktif bergerak, rutin olahraga, cukup tidur, dan kelola stres.


BACA JUGA

Makanan lainnya yang perlu diwaspadai adalah tambahan yang sering dibubuhkan dalam makanan seperti saus sambal, saus tomat, kecap manis, mayonaise, dan sebagainya.

Sementara batasan asupan maksimal gula tambahan yang telah ditentukan oleh Kemenkes RI adalah 50 gram per hari alias 4 sendok makan alias 12,5 sendok teh gula tambahan.

dr santi
Sepotong rendang sapi dengan berat 100 gram, mengandung sekitar 200 kalori
Sepotong rendang sapi dengan berat 100 gram, mengandung sekitar 200 kalori, sedangkan seporsi rendang ayam dengan berat 130 gram, mengandung 338 kalori. Selain tinggi kalori, makanan ini juga tinggi lemak dan kolesterol jahat.

Beberapa contoh jenis makanan dan minuman yang tinggi kalori yang kerap dijumpai saat lebaran

Kue kering misalnya nastar
Dalam sebuah nastar terkandung kalori sebanyak 25-100, tergantung dari ukuran dan bahan baku yang digunakan. Sebagai perbandingan, semangkok nasi putih mengandung kalori sekitar 200.
Sementara gula yang ada berkisar 1 sendok teh dalam setiap buah kue nastar.

Sirup
Menurut FatSecret, segelas air sirup mengandung kalori sekitar 850 dengan kandungan gula 156,68 gram alias 39,2 sendok teh gula.

Opor ayam
Satu porsi opor ayam mengandung kalori sekitar 200-400, tergantung dari bahan baku dan kekentalan santan.
Makanan ini juga banyak mengandung lemak dan kolesterol.

Rendang
Sepotong rendang sapi dengan berat 100 gram, mengandung sekitar 200 kalori sedangkan seporsi rendang ayam dengan berat 130 gram, mengandung 338 kalori.
Selain tinggi kalori, makanan ini juga tinggi lemak dan kolesterol jahat.

Probiotik
Makanan atau minuman yang mengandung probiotik adalah makanan atau minuman yang mengandung berbagai mikroorganisme hidup (bakteri, virus, jamur) yang memberikan efek baik bagi kesehatan.

Tape ketan di dalam budaya Betawi, Aceh, Jember, Muntilan, merupakan salah satu hidangan probiotik khas lebaran.

Bakteri baik ini membantu tubuh dengan menjaga sistem imunitas tubuh, menghasilkan vitamin, membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, dan membantu kita menjaga berat badan.

Tentunya perlu diperhatikan porsi tape yang dikonsumsi. Karena dalam tape terkandung karbohidrat serta bakteri baik dan jamur yang bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan gangguan pada saluran cerna.

Gula Tersembunyi
Makanan lainnya yang perlu diwaspadai adalah tambahan yang sering dibubuhkan dalam makanan seperti saus sambal, saus tomat, kecap manis, mayonaise, dan sebagainya.

Dalam 1 sendok makan (sdm) saus sambal terkandung 4,7 gram gula,
1 sdm saus tomat mengandung 4,6 gram gula,
1 sdm mayonaise mengandung 2,6 gram gula,
1 sdm kecap manis mengandung 13 gram gula.
Satu sendok teh gula mengandung 4 gram gula.

Sementara batasan asupan maksimal gula tambahan yang telah ditentukan oleh Kemenkes RI adalah 50 gram per hari alias 4 sendok makan alias 12,5 sendok teh gula tambahan.

Mari kita lebih waspada dengan apa-apa yang kita masukkan dalam mulut. Karena apa yang masuk tidak begitu saja keluar melalui ‘pembuangan’ tetapi membawa dampak bagi kesehatan tubuh kita baik dalam jangka waktu dekat maupun jangka panjang.

• Sehat itu Mudah •
• Sehat itu Murah •

(dr. Santi, kenapa ya dok?, kenapayadok.com)




MATERI DALAM SITUS INI DIMAKSUDKAN HANYA UNTUK DIJADIKAN SEBAGAI INFORMASI UMUM, DAN BUKAN DITUJUKAN SEBAGAI DIAGNOSA, ATAU PERAWATAN YANG DIREKOMENDASIKAN.
Harap dicatat bahwa informasi medis di situs ini dirancang untuk mendukung, bukan untuk menggantikan hubungan antara pasien dan dokter, dan saran medis yang mungkin mereka berikan.

THE MATERIAL IN THIS SITE IS INTENDED TO BE OF GENERAL INFORMATIONAL USE AND IS NOT INTENDED TO CONSTITUTE MEDICAL ADVICE, PROBABLE DIAGNOSIS, OR RECOMMENDED TREATMENTS.
Please note that medical information found on this website is designed to support, not to replace the relationship between patient and physician/doctor and the medical advice they may provide.

(Credit: CHUTTERSNAP & Xiong Gordon. Pictures are used for representational purposes only)

Leave a Reply